T.O.P 2

A. Pentingnya Usaha Pembelaan Negara

a. Dasar Hukum Pembelaan Negara

bangsa Indonesia yang telah merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 bertekad untuk membela, mempertahankan, serta menegakkan kemerdekaan dan kedaulatan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

pandangan hidup bangsa Indonesia tentang pertahanan negara terdapat dalam Pembukaan dan Batang Tubuh 1945, yaitu

1. pembukaan UUD 1945 Alinea Pertama

2. Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat

3. UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1 dan 2

4. UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3

5. Pertahanan negara disusun berdasarkan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional, dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai dengan memerhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi, dan informasi sangat memengaruhi pola dan bentuk ancaman. ancaman terhadap kedaulatan negara yang semula bersifat konvensional (fisik) berkembang menjadi multidimensional (fisik dan nonfisik).

ancaman yang bersifatmultidimensional bersumber dari :

a. permasalahan ideologi, politik, ekonomi, dan sosial budaya

b. permasalahan keagamaan yang terkait dengan kejahatan internasional, seperti terorisme, imigran gelap, bahaya narkotika,  pencurian kekayaan alam bajak laut, dan perusakan lingkungan.

tujuan pertahanan antara lain :

a. untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara dan keutuhan wilayah negara RI

b. untuk keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

c. untuk mewujudkan da mempertahankan seluruh wilayah negara RI sebagai satu kesatuan pertahanan.

B. Pentingnya Pembelaan Negara

bangsa Indonesia yakin bahwa kesejahteraan dan kebahagiaan akan tercapai apabila Pancasila benar-benar dapat dihayati dan diamalkan. itulah sebabnya kewaspadaan terarah pada unsur-unsur yang disengaja ingin mengubah dasar negara Pancasila.

perlunya kewaspadaan nasional disebabkan oleh hal-hal berikut :

a. negara RI terletak di persimpangan jalan dunia dan memiliki kekayaan alam. hal ini sangat menarik perhatian bangsa lain untuk memilikinya

b. bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, yang memeluk berbagai agama, kebudayaan, dan adat istiadat yang berbeda. keadaan ini memungkinkan timbulnya kesalah pahaman dan perpecahan. apabila bangsa Indonesia lengah, akan timbul kerawanan.

alasan pentingnya pembelaan negara, antara lain :

1. agar kita tidak mengulangi peristiwa sejarah bangsa akibat kelengahan

2. pasal 30 UUD 1945 mewajibkan kita untuk bersikap hati-hati dan tidak lengah terhadap segala macam ancaman, gangguan, hambatan, maupun tantangan dari dalam negeri maupun luar negeri.

adapun tujuan pembelaan negara yaitu :

a. meningkatkan kepekaan dan ketajaman diri pribadi dan masyarakat dalam menemukan berbagai bnetuk, wujud, dan modus operandi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan.

b. meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya penanggulangannya. oleh karena itu, sebagai WNI, pembelaan negara mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan bangsa dan negara. karena dengan pembelaan negara akan dapat meningkatkan letahanan nasional yang mantap akan memberikan peluan pelaksanaan pembangunan nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s